Sleep Paralysis

Jumat, 18 Oktober 2013
The Old Hag Syndrome / Sleep Paralysis (SP)

The Old Hag Syndrome
Saat kita tertidur dan bermimpi indah. Tiba tiba setan muncul di mimpi kita dan kitapun kaget lalu terbangun. Saat kita mau terbangun, kita tidak bisa membuka mata kita bahkan kitapun mengalami sesak nafas dan seluruh tubuh kita kaku. Dengan sadarpun kita menganggap setan yang berada di mimpi kita sedang berada duduk di atas kita. Setelah kita sudah tidak berdaya dan pasrah akan kematian barulah mata kita bisa terbuka, sesak nafas kita hilang, tubuh kakupun mulai dapat kita gerakan. Apakah sang setan kasihan lalu pergi meninggalkan kita? Atau ada kelainan di dalam tubuh kita?

Saya sering sekali mengalami kejadian seperti ini. Kata teman dan keluarga hal seperti itu sering terjadi dan biasa disebut dengan lumpuh tidur atau rep – rep. dan karena saya sangat penasaran akan hal ini maka saya putuskan untuk mempelajari fenomena ini. inilah hasil pembelajaran saya.


Nama dalam dunia barat!

Nama tumpang tindih atau rep – rep itu sebenarnya bernama Sleep paralysis yang berarti mengalami lumpuh di saat tidur. Tapi sebagian masyarakat dulu menyebutnya dengan sebutan The old hag Syndrome karena mereka percaya bahwa ada hantu atau setan yang di sebut “old Hag” sedang menindih tubuh mereka.

Bagaimana sleep paralysis terjadi?

Kejadian sleep Paralysis terjadi karena beberapa faktor. Seperti tubuh yang sangat cape, waktu tidur yang tidak cukup, dan stress. Pada saat kita tertidur kita mengalami beberapa banyak tahapan dan salah satunya adalah REM dan Non REM. REM adalah Rapid Eye Movement dimana mata dan jantung kita bergerak sangat cepat pada saat tidur. Sedangkan Non Rem adalah kebalikan dari REM. Pada Saat Kita Mengalami REM, itulah saat kita mengalami mimpi dengan sangat jelas. Nah, kejadian Sleep Paralysis itu terjadi ketika otak mengalami transisi antara REM Dreaming Sleep dan Kondisi sadar.


Warna Hitam Saat Sleep Paralysis
Pada saat REM dreaming Sleep, otak kita mematikan fungsi dari badan kita atau membuat lumpuh badan kita. Sehingga dalam kata lain badan kita di buat beristirahat sedangkan otak kita bekerja/ bermimpi. Nah, terkadang pada saat mimpi kita suka terkaget karena di mimpi muncul setan, atau mimpi yang tidak diinginkan lalu kitapun terbangun dan tidak bisa menggerakan tubuh kita. Pada saat itulah otak tidak mengakhiri lumpuh badan kita. Sehingga dalam beberapa detik kita tidak bisa menggerakan seluruh badan kita. Dan dari situlah kita mulai berhalusinasi bahwa ada setan jahat sedang mengganggu tidur kita. Halusinasi yang kuat bisa membuat kita melihat sekilas bayangan ataupun mendengar suara suara yang aneh. Tapi percayalah itu bukan hantu, itu hanyalah halusinasi yang dibuat oleh diri kita sendiri.

Hallucination
Banyak peneliti yang meneliti fenomena aneh ini. dan kata seorang peneliti fenomena ini akan terjadi paling lama 30 detik atau bahkan 1 menit.

Jika fenomena ini tidak ingin terjadi maka saya sarankan untuk hidup sehat. Hidup sehat membuat sehat kita dari fenomena fenomena aneh seperti ini. semoga penjelasan ini dapat membuat kalian semua lebih mengerti mengenai rep rep atau lumpuh tidur.





0 Comment:

Posting Komentar